Jumat, 25 Februari 2011

PEREKONOMIAN INDONESIA

Perekonomian Indonesia adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Sistem ekonomi yang dianut oleh setiap bangsa berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan falsafah dan ideologi dari masing-masing negara. Seperti halnya Indonesia, sistem ekonomi yang dianut oleh bangsa Indonesia akan berbeda dengan sistem ekonomi yang dianut oleh Amerika Serikat ataupun negara-negara lainnya. Pada awalnya Indonesia menganut sistem ekonomi liberal, di mana seluruh kegiatan ekonomi diserahkan kepada masyarakat. Akan tetapi karena ada pengaruh komunisme yang disebarkan oleh Partai Komunis Indonesia, maka sistem ekonomi di Indonesia berubah dari sistem ekonomi liberal menjadi sistem ekonomi sosialis.
Pada masa Orde Baru, sistem ekonomi yang dianut oleh bangsa Indonesia diubah kembali menjadi sistem demokrasi ekonomi. Sistem ini bertahan hingga masa Reformasi. Setelah masa Reformasi, pemerintah melaksanakan sistem ekonomi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan. Sistem inilah yang masih berlaku di Indonesia. Berikut ini bentuk sistem ekonomi di Indonesia dari masa Orde Baru hingga sekarang
Selama tiga tahun dari 2005, 2006, dan 2007 perekonomian Indonesia tumbuh cukup signifikan (rata-rata di atas 6%), menjadikan Indonesia saat ini secara ekonomi cukup dipertimbangkan oleh perekonomian dunia. yang disebabkan oleh meningkatnya harga energi dunia (sudah menyentuh 11,,%), belum optimalnya kedatangan FDI ke Indonesia, belum optimalnya peranan APBN sebagai stimulus ekonomi (belum ekspansif).Beberapa permasalahan ekonomi Indonesia yang masih muncul saat ini dijadikan fokus program ekonomi 2008-2009.Tahun dimana pemanfaatan stabilitas makroekonomi menjadi keperluan yang sudah sangat mendesak. Dari aspek permasalahan ekonomi, kita semua sepakat bahwa koordinasi dan kerjasama dengan berbagai instansi lain yang memiliki kewenangan, keahlian yang mumpunyai, serta berbagai instrumen kebijakan yang sesuai sangat berarti untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut dalam perekonomian.
Akhirnya, marilah kita semua bekerja keras dan bekerja sama dalam semangat saling mendukung untuk membawa bangsa yang berada di persimpangan jalan ini, menuju ke cakrawala harapan baru yang lebih baik. Begitulah seharusnya sikap kita dalam memandang perkembangan ekonomi dari waktu kewaktu.

NUR INDRI PANGESTI
252510134
TUGAS SOFTSKILL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar